Adam Lallana sempat memperpanjang kontrak jangka pendek sampai akhir musim ini bersama Liverpool. Namun, setelah musim ini selesai, Lallana dipastikan hengkang.

Lallana sendiri kemungkinan besar tidak akan diturunkan The Reds di laga sisa Liga Inggris musim ini. Hal itu karena pemain asal Inggris tersebut berisiko cederanya kambuh lagi.

Selama dua musim terakhir, Lallana sibuk untuk benar-benar pulih dari cedera. Gelandang berusia 32 tahun itu diterpa berbagai cedera seperti lutut, paha, hamstring, pangkal paha, hingga betis dalam tiga tahun terakhir.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengatakan, Lallana tidak akan mengambil risiko walaupun sepenuhnya bugar. Lallana sendiri belum bermain sejak restart Liga Inggris di masa pandemi Covid-19.

"Sudah jelas bahwa Adam (Lallana) akan meninggalkan klub pada musim panas. Dia ada di sana dan berlatih 100 persen. Tetapi selama kita tidak membutuhkannya, dia hanya akan berlatih," ungkap Klopp kepada situs resmi Liverpool.

"Ada banyak diskusi tentang pemain dengan berakhirnya kontrak, tetapi untuk dia bahkan bukan diskusi: jelas kami akan memperpanjang kontrak Adam dan dia ingin melakukan itu juga," terangnya.

Tapi, Klopp enggan Liverpool mengambil risiko untuk masa depan Lallana. Pelatih asal Jerman itu hanya bisa berharap yang terbaik untuk masa depan Lallana.

"Dia adalah salah satu pemain paling penting sejak saya ada di sini. Dia sudah menjadi legenda di sini sehingga dia sekarang bisa menjadi legenda di tempat lain mulai musim depan," tutur Klopp.

Lallana bergabung dengan Liverpool pada 2014 setelah dibeli dari Southampton. Musim ini, Lallana tampil sebanyak 15 pertandingan di kompetisi Liga Inggris.

"Dia memiliki pertandingan yang sangat penting bagi kami dan apa yang dia lakukan di tempat latihan, itu benar-benar luar biasa," jelas Klopp.

"Para pemain muda ketika mereka berbicara tentang hal-hal terpenting mereka di masa depan, apa yang terjadi dalam dua tahun pertama mereka, mereka akan menyebut Adam Lallana, 100 persen," kata eks pelatih Borussia Dortmund ini.